WorldCyber

Cyber Media

Selasa, 21 Oktober 2014

Aspek Pemasaran Media Print


             Nama       :  Aldian Vanjaya
          Kelas        :  4IA12
          N P M      : 50411552
               
Aspek Pemasaran Media Print

1.      Spesifikasi Produk/Jasa
Media Print adalah sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa perbaikan printer dan pembelian printer baru. Media print juga menjual tinta, cartridge dan peralatan printer. Seiring berjalannya waktu media print juga menjual peralatan computer seperti mouse, flashdisk dll.
Berikut ini adalah spesifikasi yang disediakan oleh Cyber Komputer.

a.    Layanan Utama media print  tentunya adalah jasa perbaikan printer.
1.      Printer mati total
                        2.         Cartridge rusak
                        3.         Printer tidak terditeksi oleh sistem
                        4.         Hasil print tidak bagus
                        5.         Modifikasi printer

            b.         Penjualan aksesoris printer
                        1.         Tinta refill
                        2.         Tabung infuss mika dan plastic
                        3.         Head cleaner


c.    Aksesoris komputer meliputi :
1.          Mouse
2 .        Keyboard
3 .       Flashdisk
4 .      CD / DVD
5.         Printer
6 .        Kabel Data
7.       Dll

2.      Analisis Situasi Pasar
Sebelum membuka usaha jasa perbaikan printer ini , terlebih dahulu Media Print  menganalisis situasi keadaan yang sesuai. Memilih lokasi yang strategis sangat membantu dalam membuka usaha, apalagi bila memikirkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat membuka usaha tersebut. Setelah memilih lokasi yang di inginkan, selanjutnya adalah membuat promo jasa pebaikan printer atau modifikasi pinter dengan harga per/paket. sehingga pengunjung akan tertarik oleh harga promo media print apabaila konsumen mempunai masalah pada printernya.
Lanhgkah awal membangun sebuah perusahan kecil sudah di lakukan selanjutnya  pelanggan telah percaya dengan tempat ini,. Dan tidak akan sulit apabila ingin menambah usaha baru, karena pelanggan sudah percaya dengan usaha yang sebelumnya. Oleh karena itu pemilik bisa membuka cabang media print di daerah lain dengan asumsi masyarakat yang sudah percaya dengan media print.

3.      Analisis Pesaing
Tidak hanya memikirkan Strategi pasar, pemilik juga memikirkan tentang pesaing. Maka dalam membuka usaha ini, pemilik terlebih dahuu melihat apakah banyak yang membuka usaha yang sama atau tidak. Karena banyaknya usaha yang sama menentukan konsumen banyak yang datang atau tidak.
Seiring berjalannya waktu, usaha warung internet terfikirkan oleh orang lain. Maka tidak akan cukup dengan lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman saja. Pemilik harus memikirkan pesaing yang muncul, yaitu dengan cara mencoba sendiri layanan apa saja yang disediakan pesaing dalam membuka usahanya.
Pemilik mencoba mendatangi pesaing dengan berpura – pura sebagai pelanggan, lalu menganalisa apa saja yang disediakan tempat pesaing yang kurang atau tidak ada di tempat usahanya. Setelah analisa selesai, maka pemilik memikirkan apa saja yang harus di tambahkan pada tempat usahanya.
Tentu saja dengan tidak mengurangi rasa hormat pada pelanggan yang sudah percaya pada Cyber Komputer.

4.      Strategi Promosi
Promosi yang dilakukan oleh Media Print adalah dengan memberikan harga promo untuk member Media Print dan harga Paket. Jika terhitung member maka biyaya akan di potongan harga15% dan akan mendapatkan masa garansi lebih panjang disbanding tidak member, biyaya member cukup Rp 50. 000 dan di perpanjang setiap tahunnya. Untuk harga paket, konsumen hanya di bebankan biyaya lebih murah dibanding membayar tanpa paket.
Jika konsumen baru pertama datang ke media print, konsumen mendapat gransi 3 bulan tergantung kerusakan dan potongan haga 10 %
Promosi ini akan tetap berlanjut untuk yang member dan konsumen baru, karena jasa printer konsumen tidak datang berkala tetapi akan datang disaat printer rusak. Makanya pemilik memilih kebijakan ini guna membuat para konsumen akan kembali lagi.

5.      Media Promosi berbasis TI
Media promosi melalui blog, lalu dengan fasilitas facebook, twitter. Dan Media Print membagikan brosur kepada masyarakat yang ada di sekitaran setempat


0 komentar:

Posting Komentar