Nama :
Aldian Vanjaya
Kelas : 4IA12
N P M : 50411552
Aspek
Pemasaran Media Print
1. Spesifikasi Produk/Jasa
Media Print adalah sebuah perusahaan kecil yang bergerak
di bidang jasa perbaikan printer dan pembelian printer baru. Media print juga
menjual tinta, cartridge dan peralatan printer. Seiring berjalannya waktu media
print juga menjual peralatan computer seperti mouse, flashdisk dll.
Berikut ini adalah spesifikasi yang disediakan oleh
Cyber Komputer.
a. Layanan Utama media print tentunya adalah jasa perbaikan printer.
1. Printer mati total
2. Cartridge
rusak
3. Printer
tidak terditeksi oleh sistem
4. Hasil
print tidak bagus
5. Modifikasi
printer
b. Penjualan
aksesoris printer
1. Tinta
refill
2. Tabung
infuss mika dan plastic
3. Head
cleaner
c. Aksesoris komputer meliputi :
1. Mouse
2
. Keyboard
3
. Flashdisk
4
. CD / DVD
5.
Printer
6
. Kabel Data
7. Dll
2.
Analisis Situasi Pasar
Sebelum membuka usaha jasa perbaikan printer ini ,
terlebih dahulu Media Print menganalisis
situasi keadaan yang sesuai. Memilih lokasi yang strategis sangat membantu
dalam membuka usaha, apalagi bila memikirkan apa yang dibutuhkan oleh
masyarakat sekitar tempat membuka usaha tersebut. Setelah memilih lokasi yang
di inginkan, selanjutnya adalah membuat promo jasa pebaikan printer atau
modifikasi pinter dengan harga per/paket. sehingga pengunjung akan tertarik oleh
harga promo media print apabaila konsumen mempunai masalah pada printernya.
Lanhgkah awal membangun sebuah perusahan kecil sudah
di lakukan selanjutnya pelanggan telah
percaya dengan tempat ini,. Dan tidak akan sulit apabila ingin menambah usaha
baru, karena pelanggan sudah percaya dengan usaha yang sebelumnya. Oleh karena
itu pemilik bisa membuka cabang media print di daerah lain dengan asumsi
masyarakat yang sudah percaya dengan media print.
3.
Analisis Pesaing
Tidak hanya memikirkan Strategi pasar, pemilik juga
memikirkan tentang pesaing. Maka dalam membuka usaha ini, pemilik terlebih
dahuu melihat apakah banyak yang membuka usaha yang sama atau tidak. Karena
banyaknya usaha yang sama menentukan konsumen banyak yang datang atau tidak.
Seiring berjalannya waktu, usaha warung internet
terfikirkan oleh orang lain. Maka tidak akan cukup dengan lokasi yang strategis
dan tempat yang nyaman saja. Pemilik harus memikirkan pesaing yang muncul,
yaitu dengan cara mencoba sendiri layanan apa saja yang disediakan pesaing
dalam membuka usahanya.
Pemilik mencoba mendatangi pesaing dengan berpura –
pura sebagai pelanggan, lalu menganalisa apa saja yang disediakan tempat
pesaing yang kurang atau tidak ada di tempat usahanya. Setelah analisa selesai,
maka pemilik memikirkan apa saja yang harus di tambahkan pada tempat usahanya.
Tentu saja dengan tidak mengurangi rasa hormat pada
pelanggan yang sudah percaya pada Cyber Komputer.
4.
Strategi Promosi
Promosi yang dilakukan oleh Media Print adalah
dengan memberikan harga promo untuk member Media Print dan harga Paket. Jika terhitung
member maka biyaya akan di potongan harga15% dan akan mendapatkan masa garansi
lebih panjang disbanding tidak member, biyaya member cukup Rp 50. 000 dan di
perpanjang setiap tahunnya. Untuk harga paket, konsumen hanya di bebankan
biyaya lebih murah dibanding membayar tanpa paket.
Jika konsumen baru pertama datang ke media print,
konsumen mendapat gransi 3 bulan tergantung kerusakan dan potongan haga 10 %
Promosi ini akan tetap berlanjut untuk yang member
dan konsumen baru, karena jasa printer konsumen tidak datang berkala tetapi
akan datang disaat printer rusak. Makanya pemilik memilih kebijakan ini guna
membuat para konsumen akan kembali lagi.
5. Media
Promosi berbasis TI
Media promosi melalui blog, lalu dengan fasilitas
facebook, twitter. Dan Media Print membagikan brosur kepada masyarakat yang ada
di sekitaran setempat
0 komentar:
Posting Komentar